Sabtu, 10 Oktober 2015

Cara Instal Windows lewat Jaringan (LAN)

Kali ini TiSoGA akan membahas bagaimana caranya melakukan install ulang windows lewan jaringan LAN ( Local Area Network ) yang tentunya sangat membantu jika tidak memiliki perangkat yang memadai ( No DVD-ROM, Bad USB bus or You don’t have flashdisk for make bootable flashdrive ). So let’s go..

Langkah 1
Siapkan peralatan pendukungnya.

1 unit computer yang akan dijadikan server
·         Computer pasien yang akan diinstall ulang
·         Kabel jaringan dengan mode Cross Over jika hanya ingin menginstall ulang 1 computer, dan Straight + Hub jika akan melakukan install ulang beberapa unit computer
·         File ISO Windows
·         Driver Jaringan computer pasien ( bisa nyomot di Driver pack, asal sesuaikan dengan type nya )
·         Serva

Langkah 2
Persiapkan computer yang akan dijadikan server, matikan firewallnya dan buat akun baru di computer agan dengan nama dan password dapat disesuaikan. Akun ini akan digunakan sebagai akun untuk computer pasien yang akan menyalin file windows yang tersimpan di computer server.




Langkah 3
Buat folder baru dengan nama SERVA_ROOT di drive C:/



Langkah 4
Atur alamat IP secara static di computer server sesuai dengan kebutuhan ( disarankan kelas C ).


Langkah 5
Buka aplikasi Serva dan tunggu 7 detik lalu pilih No, thanks… . di tab DHCP pilih setting lalu atur rang IP untuk DHCP Servernya satu subnet dengan alamat IP server yang tadi agan atur secara static. ( Jangan gunakan alamat IP server ).





Klik OK lalu tutup aplikasi serva dan buka lagi, setelah itu salin keseluruhan isi file ISO Windows ke folder C:/SERVA_ROOT/WIA_WDS/WIN7 (forder WIN7 dibuat secara manual)



Dalam folder WIN7 buat lagi folder dengan nama $OEM$
Dalam folder $OEM$ buat lagi folder $1, dalam $1 buat lagi folder Drivers, dalam folder Drivers buat lagi folder NIC



Letakan file – file installer driver jaringan di dalam folder NIC
Tutup dan buka lagi aplikasi Serva lalu biarkan running.

Langkah 6
Persiapkan computer pasien dengan masuk program BIOS dan atur LANBOOT ROM nya agar enable lalu pastikan Kartu Jaringan menjadi pilihan booting yang pertama di boot priority. Tekan F10 untuk keluar dan menyimpan settingan, hubungkan kabel jaringan yang telah dipersiapkan antara computer server dan pasien. Jika pengaturan agan benar akan muncul box dialog serva sedang diproses di computer pasien. Login dengan akun baru yang tadi dibuat agan lalu klik Connect.

Untuk selanjutnya sama dengan langkah installasi OS seperti biasa.

Catatan :

Saat restart pertama penginstalan OS rubah kembali prioritas boot nya ke Harddrive.

2 komentar :

Posting Komentar